banner image

Aplikasi yang Digunakan Selama Bulan Ramadhan

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Selama bulan ramadhan pasti ada beberapa perbedaan dengan bulan biasanya. Jadwal kita juga pasti akan berubah. Dari yang semula tidak terlalu padat, ramadhan ini merasa dikejar oleh waktu. Mungkin sebagian dari kita lebih meningkatkan ibadah kita di bulan yang penuh berkah ini.



Sahabat, ternyata tanpa kita sadari penggunaan handphone juga sedikit mengalami penurunan. Yang biasanya setiap detik selalu melihat hp sekarang jadi jarang buka hp. Apalagi yang jarang buka hp? Hehe. Bersama itu tentunya aplikasi yang kita gunakan juga akan berkurang. Lantas, aplikasi apa saja sih yang saya gunakan selama ramadhan?

1. Al-qur'an Indonesia

Aplikasi ini sudah terpasang di ponsel saya sejak lama. Kalau hari-hari biasa hanya saya lihat satu dua kali sehari, bulan ramadhan ini alhamdulillah meningkat. Apalagi di tengah jadwal yang padat dan lebih sering di luar rumah menurut saya aplikasi ini sangat cocok. Jadi kita tidak perlu lagi berdalih tidak bisa membaca al-qur'an karena alasan di luar rumah. Di dalamnya juga ada fitur lain seperti adzan, jadwal sholat, dll.

2. WPS office

Alhamdulillah di bulan ramadhan ini, semangat berkarya semakin menggebu-gebu. Salah satu pemicunya juga challenge 30HariKebaikanBPN. Akibatnya, aplikasi ini hampir setiap hari terpakai. Saya berharap semoga semangat berkarya ini tetap membara meski ramadhan sudah berlalu. Sebab menurut saya bulan ramadhan tidak bisa dijadikan alasan malas berkarya, malahan kita harus bersemangat karena setiap kebaikan akan dilipatgandakan.

3. Sosial media

Ya, di bulan ramadhan ini bukan berarti saya meninggalkan sosmed 100%. Tidak, itu tidak benar. Saya tetap menggunakan Whatsapp untuk berkomunikasi, mengikuti kelas online, dll. Saya juga masih sering membuka IG untuk update info terbaru tentang kepenulisan. Pemikiran bahwa sosmed bisa mengganggu ramadhan kita menurut saya adalah salah. Semua tergantung dati penggunanya. Apabila ia menggunakan dengan bijak maka, sosmed itu bisa menjadi media mencari ilmu dan menyebarkan ilmu.

Kesimpulannya, kita juga boleh menggunakan sosmed di bulan ramadhan asalkan ibadah tetap nomor satu dan digunakan untuk kebaikan.

Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
Aplikasi yang Digunakan Selama Bulan Ramadhan Aplikasi yang Digunakan Selama Bulan Ramadhan Reviewed by Wonderful Life on Mei 25, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.