banner image

Belajar Nulis Artikel Minggu ke-2

Alhamdulillah, setelah lolos minggu pertama belajar nulis artikel bareng Kak Wildan sekarang materi memasuki minggu kedua. Di minggu ini ada tiga meteri yang diberikan, yaitu:
1. Optimasi Wordpress
2. Optimasi Blogspor / Blogger
3. Pembagian Template

Disini kami diajarkan bagaimana cara mendesign isi dan tampilan blog. Manfaat mengatur settingan pada blog sendiri adalah supaya pembaca yang lebih nyaman dan betah berlama-lama di blog kita. Jika pembaca nyaman maka, banyak pula tulisan kita yang dibaca.

Kak Wildan membagikan tutorial optimisasi blog untuk Wordpress dalam format pdf yang bisa membuat kami lebih mengenal setingan pada Wordpress beserta fungsinya. Materi dirangkum dan dikemas rapi. Untuk pengguna Blogspot beliau juga membagikan template secara gratis agar tampilan blog kami terlihat lebih bagus. Kak Wildan menyarankan kami untuk memakai theme ijonk karena dirasa lebih cocok SEOnya juga bagus. Untuk Wordpress gratis Kak Wildan tidak membagikan template apapun karena memang tidak bisa diubah harus dihosting terlebih dahulu.

Untuk mengubah tampilan tema pada blogspot, kita perlu masuk ke menu tema terlebih dahulu. Setelah itu, klik edit html. Hapus semua html yang lama kemudian copas html yang baru. Jangan lupa simpan perubahan. Kurang lebih seperti ini tampilannya.

Contoh Template yang Dibagikan

Banyak sekali ilmu baru yang kami dapatkan. Mulai dari setingan dasar blog, template, hingga cara menggunakannya dijelaskan secara singkat dan jelas. Saat ada salah satu dari kami yang bertanya, beliau juga merespon dengan cepat. Benar-benar ilmu yang bermanfaat. Semoga ilmu yang dibagikan bermanfaat bagi semua, Aamiin...

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Salam literasi,


Nurul Fadilah
Belajar Nulis Artikel Minggu ke-2 Belajar Nulis Artikel Minggu ke-2 Reviewed by Wonderful Life on Maret 03, 2019 Rating: 5

17 komentar:

  1. Saran, bagi link tema ijonknya ke tulisan kamu. Sehingga, ketika ada yang ingin mencoba, bisa langsung mengklik tema tersebut

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap kak, terima kasih sarannya. Memang sementara belum saya bagikan karena saya sendiri belum menerapkannya, saya ndak punya laptop. Katanya kak wildan memang harus menggunakan laptop. Insya Allah ke depan akan diperbaiki.

      Hapus
  2. Materi yang bikin greget di level dua ini.. Bismillah semoga kita lolos dn bisa maju ke level berikutnya.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin kak, mohon dukungan dan doanya juga.

      Hapus
  3. wahh keren sudah selesai aja tugas 2, aku belum ngerjain hehe..

    BalasHapus
  4. Semangat ya kak, semoga cepat selesai tugasnya. Terus gali ilmu dari Kak Wildan!!

    BalasHapus
  5. Balasan
    1. Alhamdulillah, Aamiin semoga bisa istiqomah

      Hapus
  6. Mangatss kak ... Udah enak dibaca tulisannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, semoga ke depannya bisa lebih baik lagi

      Hapus

  7. Waaa semangaaat selalu belajar dan berbagi ilmunyaaa

    BalasHapus
  8. Keren kak.. semoga lolos ke tahap selanjutnya ya kak😁😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, kakak juga ya semoga kita bisa lolos bersama-sama

      Hapus
  9. Keren kak, semangat terus belajarnya! 😊

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.