banner image

Sikat Gigi Saat Puasa? Batal atau Tidak Ya?

Assalamualaikum warhamatullahi wabarakatuh

Di bulan puasa, tidak minum dan makan seharian terkadang membuat mulut terasa tidak enak. Kita pasti was-was akan terjadinya bau mulut. Untuk itu, sebagian dari kita memilih menggosok gigi agar mulut terasa segar. Lantas bagaimana hukumnya? Apakah membatalkan puasa? Simak penjelasan di bawah ini :


Hukum menyikat gigi saat puasa adalah makhruh. Artinya, apabila dilakukan tidak membatalkan puasa tetapi apabila ditinggalkan akan mendapat pahala. Ya, jadi sahabat yang terbiasa menyikat gigi pagi dan sore tidak perlu khawatir puasanya batal.

Tetapi, akan lebih baik kalau kita tidak menyikat gigi sampai waktu berbuka tiba. Sebab, dikhawatirkan ada air atau pasta gigi yang tertelan. Karena sedikit saja air atau pasta gigi itu tertelan maka puasa kita akan batal.

Akan lebih baik kalau kita menyikat gigi sesaat sebelum imsak sehingga meskipun seharian tidak sikat gigi tidak masalah. Apabila sahabat khawatir akan bau mulut disarankan minum banyak air putih saat berbuka dan sahur.

Jadi, begitulah penjelasan singkat tentang hukum menyikat gigi saat berpuasa. Sekarang, sahabat tidak perlu bingung lagi akan puasanya batal atau tidak.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. 
Sikat Gigi Saat Puasa? Batal atau Tidak Ya? Sikat Gigi Saat Puasa? Batal atau Tidak Ya? Reviewed by Wonderful Life on Mei 13, 2019 Rating: 5

2 komentar:

  1. baru tau ternyata sikat gigi pas puasa hukumnya makruh ya... berarti berkumur saat wudhu juga makruh ya mbak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Teh benar. Jadi, lebih baik ditinggalkan agar mendapat pahala tapi kalau dilakukan juga tidak apa.

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.