banner image

Ngabuburit Asik dan Bermanfaat, Lakukan 6 Hal Berikut!

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Marhaban ya Ramadhan

Bulan ramadhan, bulan yang penuh keberkahan di dalamnya. Satu bulan teristimewa dimana semangat kebaikan senantiasa berkobar. Semoga kita menjadi satu di antanya yang dapat merasakan keberkahan bulan ramadhan ini, Aamiin.



Sahabat BPers, pastinya di bulan ramadhan seperti ini saat-saat yang paling dinantikan adalah waktu berbuka. Bukan begitu? Nah, untuk mengurangi rasa bosan atau lapar kita bisa nih memanfaatkan waktu menjelang berbuka dengan berbagai kegiatan bermanfaat. Atau istilahnya Ngabuburit Happy.

Apa saja yang bisa dilakukan agar ngabuburit asik dan bermanfaat? Berikut ulasannya:

1. Membaca Al-qur'an

Nah, sahabat BPers pasti tahu bukan kalau di bulan ramadhan ini amal kebaikan dilipatgandakan. Untuk itu, cara Ngabuburit Happy ala saya yang pertama yaitu membaca al-qur'an.

Selain mengisi waktu luang, pahala kita juga dapat. Tapi niatnya tetap guna meningkatkan kualitas ibadah kita dengan mendekatkan diri kepada Allah Swt ya. Bisa kita lakukan selepas Shalat Ashar, satu dua lembar saja juga tidak masalah. Kalau ada yang One Day One Juz juga lebih baik. Karena membaca Al-qur'an itu sangat bermanfaat, salah satunya bisa menyejukkan hati kita yang sedang gelisau, galau, merana.

2. Mengajar anak-anak mengaji


Masih berhubungan dengan agama. Kegiatan yang satu ini bisa melatih kita para perempuan #singel untuk menjadi ibu yang baik yaa, hehe bercanda. Jadi BPers, tidak ada salahnya ilmu yang kita punya kita bagikan kepada orang lain. Karena ilmu tanpa amal adalah sia-sia.

Kita bisa mengajar anak-anak di sekitar rumah kita atau anak-anak panti asuhan. Menggelar kegiatan "TPQ pinggiran" misalnya. Berkeliling jalan mencari anak yang membutuhkan ilmu tersebut. Kegiatan sosial ini bisa melatih rasa syukur serta empati kita loh kawan.

3. Memasak plus

Nah, kalau yang tadi untuk sahabat BPers muslimah. Sekarang, untuk sahabat BPers non muslim juga bisa loh mengisi Ngabuburit dengan hal yang bermanfaat. Salah satunya dengan memasak. Setiap hari juga memasak. Eh, bukan.

Memasak kali ini sedikit berbeda. Sahabat BPers bisa nih mencoba resep-resep baru yang belum pernah sahabat coba. Kemudian kalau sudah jadi sebagai reward sobat bisa membagikannya untuk kerabat, anak panti asuhan, tetangga yang sedang berpuasa. Perlu diketahui bahwa, menyiapkan makan untuk orang yang berpuasa pahalanya sama dengan orang yang berpuasa itu sendiri loh sobat. Jadi, selain bisa melatih skill memasak, pahala juga dapat, silaturahmi dapat sobat.

4. Membaca dan menulis

Untuk sahabat BPers di bidang literasi, kegiatan yang satu ini bisa dicoba. Kita bisa memperdalam wawasan dengan membaca. Jadi, menuntut ilmu tidak hanya di sekolah di rumah pun bisa. Atau kalau sobat terbiasa membaca di tempat baru boleh juga keluar rumah jalan-jalan sambil baca buku.

Menulis juga bisa menjadi terapi rileksasi. Menuliskan apa saja yang kita rasakan selama satu hari ini misalnya atau menulis di blog, berbagi informasi kepada orang lain. Atau untuk BPers yang sudah menjadi penulis, bulan ramadhan biasanya semangat sedang menggebu-gebu. Tidak ada salahnya kalau kita berkarya di bulan ramadhan, pasti akan sangat berkesan.

5. Berdagang

Kalau sahabat BPers yang punya jiwa kewirausahaan pasti cocok dengan yang satu ini. Berdagang saat berpuasa sangat menyenangkan. Kita tidak perlu melakukan sesuatu yang terlalu berat tapi tetap menghasilkan value. Berdang apa saja, misalnya baju, jilbab, atau takjil untuk berbuka puasa. Biasanya tingkat konsumsi pasar saat bulan ramadhan meningkat lebih pesat loh kawan. Jangan sia-siakan kesempatan ini.

6. Jadi artis dadakan

Maksutnya apa ini? Jadi gini sobat BPers yang punya keahlian khusus seperti menyanyi, bermain alat musik, atau atraksi apapun bisa nih mencoba menjadi artis dadakan. Dengan menampilkan keahlian sobat di depan umum selain sebagai hiburan kegiatan ini juga bisa melatih mental. Siapa tahu di antara penonton sobat adalah produser atau pejabat tinggi lainnya ada yang tertarik. Bisa menjadi pintu pembuka rezeki bukan?

Nah, kira-kira itu tadi 6 alternatif sederhana memanfaatkan waktu Ngabuburit dengan kegiatan yang bermanfaat. Apapun kegiatan yang BPers lakukan sebisa mungkin lakukan hal positif dan bermanfaat. Semoga kegiatan BPers senantiasa diridhoi Allah Swt, Aamiin.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

#bloggerperempuan
#30HariKebaikanBPN
#Day1challenge


Ngabuburit Asik dan Bermanfaat, Lakukan 6 Hal Berikut! Ngabuburit Asik dan Bermanfaat, Lakukan 6 Hal Berikut! Reviewed by Wonderful Life on Mei 06, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.