banner image

Generasi Prestasi : Pentingnya Organisasi dan Kerelawanan bagi Remaja


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh 

Sabtu, 16 Februari 2019 Saya mengikuti acara mabit(Malam Bina Iman dan Taqwa) yang diselenggarakan oleh lembaga amil zakat Nurul Hayat. Kegiatan ini mengusung tema kerelawanan dan bertempat di aula SMKN 2 Buduran, Sidoarjo. 

Debat pemilihan ketua Genpres

Kegiatan dimulai pukul 15.00 WIB sampai pukul 06.00 WIB. Diawali dengan Sholat Ashar berjamaah kemudian, dilanjutkan dengan acara pemilihan ketua Genpres (Generasi Prestasi). Yang mana kandidatnya adalah anak-anak penerima beasiswa dari Nurul Hayat sendiri. Kami semua yang mendapat beasiswa ini dikenal dengan sebutan Sahabat Muda Genpres.

Pada saat acara debat ketua maupun penyampaian materi menekankan pentingnya organisasi bagi remaja. Mengingat remaja zaman now yang akhir-akhir ini kualitas keimanannya mulai merosot, maka organisasi diperlukan untuk membangun kembali karakter mereka.

Dengan mengikuti organisasi jiwa kepemimpinan, public speaking, rasa empati, dan kepekaan sosial terhadap lingkungan mereka akan ditempa. Diharapkan nantinya para remaja bukan hanya menjadi anak muda yang bergaya tapi juga menjadi generasi penerus bangsa yang berjiwa sosial tinggi. Oleh karena itu, dukungan dari para orang tua juga diperlukan untuk memotivasi anak-anaknya.

Sesuai dengan slogan "Kami peduli, kami berbagi" kami para sahabat muda genpres dilatih untuk melakukan kegiatan kerelawanan sesederhana mungkin. Kegiatan kerelawanan tidak harus membutuhkan dana yang besar. Memberikan kue atau mengajar anak jalanan sudah termasuk ke dalam kerelawanan. Yang terpenting adalah niat dan keikhlasan kita menjalankannya. 

Banyak sekali orang di luar sana yang membutuhkan perhatian kita. Jangan menutup mata jika kita memang melihatnya. Ulurkan sedikit tangan untuk mereka. Dan bersyukurlah kita yang mendapat nasib lebih baik daripada mereka.
Kelompok Genpres Ustadzah Ria


Acara mabit yang meskipun hanya semalam ini sangat memberi kesan mendalam bagi saya dan kawan-kawan. Daripada menghabiskan malam minggu untuk bersenang-senang, mencari ilmu di luar bisa menjadi pengganti yang tepat. Untuk kita para generasi muda, jangan menjadi muda yang hanya bergaya, kontribusi kita sangat dibutuhkan di luar sana. Luangkan sedikit waktu, tenaga, atau pikiran Anda untuk dunia. Semoga Allah senantiasa meridhoi setiap langkah kita. Aamiin...

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh



Salam literasi, 

Nurul Fadilah
Generasi Prestasi : Pentingnya Organisasi dan Kerelawanan bagi Remaja Generasi Prestasi : Pentingnya Organisasi dan Kerelawanan bagi Remaja Reviewed by Wonderful Life on Februari 17, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.